desain grafis...or multimedia
4 posters
cafepojok :: Cafe Pojok Community :: Hobby :: Design
Halaman 1 dari 1
desain grafis...or multimedia
Terakhir diubah oleh tanggal Mon May 07, 2007 4:46 pm, total 1 kali diubah
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
abut 3d max
saya jauh dari kata "bisa" bahkan "jago" 3dmax
cuman saya agak tau sedikit sekaliiii
3dmax adalah salah satu software yang berbasis desain grafis 3 dimensi
siamping bisa dijadika file gambar juga bisa di jadikan file movie .
hampir sama autocad cuman bedanya dalam 3dmax dia tidak punya batasan untuk berkreasi dan tidak mesti berorientasi apa gitu..
yahhh tergantung dari kitanya.
dalam 3dmax dia mengenal yang namanya fundamental
yaitu pembuatan objek secara dasr dengan basis 2 dimensi yang pada akhir pembuatan di komper jadi 3 dimensi yang dikenal dengan perintah extrude
dan bisa juga langsung pembuatan objek 3 dimensi dengan menggabungkan beberapa objek 3 dimensi untuk membentuk suatu bentuk yang baru
denga menggunakan beberapa perintah seperti memotong , lengkungan dan bahkan menyatukan objek dalam penyempurnaan kita bisa menggunakan puggin untuk rambut , efek air , efek api dan efek kabut etc.
itujie sedikit seputar masalah 3dmax klu ada salah mohon kritikannya
cuman saya agak tau sedikit sekaliiii
3dmax adalah salah satu software yang berbasis desain grafis 3 dimensi
siamping bisa dijadika file gambar juga bisa di jadikan file movie .
hampir sama autocad cuman bedanya dalam 3dmax dia tidak punya batasan untuk berkreasi dan tidak mesti berorientasi apa gitu..
yahhh tergantung dari kitanya.
dalam 3dmax dia mengenal yang namanya fundamental
yaitu pembuatan objek secara dasr dengan basis 2 dimensi yang pada akhir pembuatan di komper jadi 3 dimensi yang dikenal dengan perintah extrude
dan bisa juga langsung pembuatan objek 3 dimensi dengan menggabungkan beberapa objek 3 dimensi untuk membentuk suatu bentuk yang baru
denga menggunakan beberapa perintah seperti memotong , lengkungan dan bahkan menyatukan objek dalam penyempurnaan kita bisa menggunakan puggin untuk rambut , efek air , efek api dan efek kabut etc.
itujie sedikit seputar masalah 3dmax klu ada salah mohon kritikannya
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
tutorial 3d max
kalau misalkan untuk 3dmax
yang tutorialnya
bahasa indonesia
kamu bisa buka www.ilmukomputer.com
www.digitalstudio.co.id
www.3dtotal.com
dan masih banyak lagi
coba saja cari pakai googl
yang tutorialnya
bahasa indonesia
kamu bisa buka www.ilmukomputer.com
www.digitalstudio.co.id
www.3dtotal.com
dan masih banyak lagi
coba saja cari pakai googl
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Website bagus untuk para animator serius
Website bagus untuk para animator serius
Anda ingin mengetahui teknik-teknik dan konsep pembuatan film2 animasi terbaik hollywood silahkan kunjungi
website www.cgtalk.com
Beberapa situs lain yang saya rekomendasi adalah:
www.3dcafe.com
www.highend3d.com
www.3dtotal.com
www.spoono.com/3ds
www.tutorialoutpost.com2d-studio-max-textures/
www.digitalstudio.co.id (lho??)
www.gnomonschools.com animasi dan visual efek
www.alias.com
www.indocg.com
Anda ingin mengetahui teknik-teknik dan konsep pembuatan film2 animasi terbaik hollywood silahkan kunjungi
website www.cgtalk.com
Beberapa situs lain yang saya rekomendasi adalah:
www.3dcafe.com
www.highend3d.com
www.3dtotal.com
www.spoono.com/3ds
www.tutorialoutpost.com2d-studio-max-textures/
www.digitalstudio.co.id (lho??)
www.gnomonschools.com animasi dan visual efek
www.alias.com
www.indocg.com
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
up load juga hasil karya kamu disini
boleh khan
boleh khan
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
wahwah..
lumayan juga mas karya2nya..
saya juga salah satu yg memanfaatkan software 3dsMax.. tapi bukan buat bikin model2 bebas spt diatas.. melainkan buat rendering bangunan2 arsitektural, interior maupun eksterior..
tapi saya belum jago2 amat.. yah kombinasi pake AutoCAD juga..
nanti kapan2 saya upload hasil render 3dsMax yg pernah saya bikin..
masih harus belajar lagi nehhh...
lumayan juga mas karya2nya..
saya juga salah satu yg memanfaatkan software 3dsMax.. tapi bukan buat bikin model2 bebas spt diatas.. melainkan buat rendering bangunan2 arsitektural, interior maupun eksterior..
tapi saya belum jago2 amat.. yah kombinasi pake AutoCAD juga..
nanti kapan2 saya upload hasil render 3dsMax yg pernah saya bikin..
masih harus belajar lagi nehhh...
pure_villain- Capo mania
-
Jumlah posting : 85
Age : 42
Lokasi : nomad
Status : hidden
Hobby : perimeter shooting
Registration date : 27.04.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
pure_villain wrote:wahwah..
lumayan juga mas karya2nya..
saya juga salah satu yg memanfaatkan software 3dsMax.. tapi bukan buat bikin model2 bebas spt diatas.. melainkan buat rendering bangunan2 arsitektural, interior maupun eksterior..
tapi saya belum jago2 amat.. yah kombinasi pake AutoCAD juga..
nanti kapan2 saya upload hasil render 3dsMax yg pernah saya bikin..
masih harus belajar lagi nehhh...
OHH iya kebetulan saya juga membuat desain2 rumah
cuman ngga pakai ukuran dan tidak syarat untuk membuat bangunan itu mesi seperyi apa sehhhh?
saya juga masih belajar dan masih sangat harus belajar....
klu kamu punya artikel di isi dong kolom disini
dan salam kenal juga
jayalah gesain grafis indonesia
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
langkah awal
baiknya seeeeh kita bahas maslah tampilan pertama kali 3d studio max pada saat di buka.dan supaya gampang dipelajari kumis sehat ada baiknya perintah dikelompokkan ke beberapa bagian utama.
1. interface.
secara umum interface di bagi atas : titlebar, menubar, toolbar dan 4 buah viewport, control panel time slider dab viewport configuration control.
a viewport
viewport tebagi atas empat bagian yang secara umum ditampilkan.
-viewport perspective atau dapat dipantau dari segala arah yang berada di di sudut kanan bawah .viewport aktif ditan dai dengan warna kuning di sekelilingnya.
-viewport top atau tampilan dari atas berada di sebelah kiri atas dan pada tampilan sini itu bisa di ubah jadi viewport botton atau tampilan dari bawah.
-viewport front atau tampilan dari depan berada di sebelah kanan atas
-viewport left atau tampilan dari samping kiri berada disebelah kiri bawah dan pada tampilan sini itu bisa di ubah jadi viewport right atau tampilan dari sebelah kanan.
Layout viewport.
kumis sehat u bisa mengganti beberapa viewport dengan cara mengetik huruf pertama pada viewport aktif.contoh klik kanan pada label viewport left, lalu ketik R untuk mengganti menjadi viewport right.
viewport tunggal.
viewport aktif dapat kumis maksimalkan d3engan cara mengklik tombol min/max full screen toggle yang berada di sudut kanan bawah jendela 3D max studio.
mengubah ukuran viewport.
kumis bajingan untuk mengubah ukuran viewport, tekan dan tarik garis splitter bar vertikal atau horisontal ke kiri , ke kanan bajingan , keatas kumis sehat atau kebawah kumis lagi, dan aplikasi untuk menambah kmis juga ada.
terakhir masalah viewport karena capek mengetik sehat semua.
mengganti jumlah viewport
1. kumis setan klik kanan pada label viewport (yang tulisan left,tiop, perspektif dan front), pilih configure.
2. pada kotak dialog viewport configuration , klik tab layout.
3. pilih salah satu dari 14 pilihan yang tersedia, lalu klik ok.
viewport itu sangat penting dalam 3dmax karena kadang dalam penempatan objek kadang pusingki karena lucu toh klu kaki diatas kumis di bokong tohhhh
apalagi klu penyatuan 2 objek kan tidak semabarang tohh
itu jie dulu nahhhhhhhhhh masalah viewport atau tampilan
capekka mengetik nanti sa lanjut lagi
kumis sehat .............
1. interface.
secara umum interface di bagi atas : titlebar, menubar, toolbar dan 4 buah viewport, control panel time slider dab viewport configuration control.
a viewport
viewport tebagi atas empat bagian yang secara umum ditampilkan.
-viewport perspective atau dapat dipantau dari segala arah yang berada di di sudut kanan bawah .viewport aktif ditan dai dengan warna kuning di sekelilingnya.
-viewport top atau tampilan dari atas berada di sebelah kiri atas dan pada tampilan sini itu bisa di ubah jadi viewport botton atau tampilan dari bawah.
-viewport front atau tampilan dari depan berada di sebelah kanan atas
-viewport left atau tampilan dari samping kiri berada disebelah kiri bawah dan pada tampilan sini itu bisa di ubah jadi viewport right atau tampilan dari sebelah kanan.
Layout viewport.
kumis sehat u bisa mengganti beberapa viewport dengan cara mengetik huruf pertama pada viewport aktif.contoh klik kanan pada label viewport left, lalu ketik R untuk mengganti menjadi viewport right.
viewport tunggal.
viewport aktif dapat kumis maksimalkan d3engan cara mengklik tombol min/max full screen toggle yang berada di sudut kanan bawah jendela 3D max studio.
mengubah ukuran viewport.
kumis bajingan untuk mengubah ukuran viewport, tekan dan tarik garis splitter bar vertikal atau horisontal ke kiri , ke kanan bajingan , keatas kumis sehat atau kebawah kumis lagi, dan aplikasi untuk menambah kmis juga ada.
terakhir masalah viewport karena capek mengetik sehat semua.
mengganti jumlah viewport
1. kumis setan klik kanan pada label viewport (yang tulisan left,tiop, perspektif dan front), pilih configure.
2. pada kotak dialog viewport configuration , klik tab layout.
3. pilih salah satu dari 14 pilihan yang tersedia, lalu klik ok.
viewport itu sangat penting dalam 3dmax karena kadang dalam penempatan objek kadang pusingki karena lucu toh klu kaki diatas kumis di bokong tohhhh
apalagi klu penyatuan 2 objek kan tidak semabarang tohh
itu jie dulu nahhhhhhhhhh masalah viewport atau tampilan
capekka mengetik nanti sa lanjut lagi
kumis sehat .............
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
benernya banyak juga program slain 3Dmax,mungkin klo di indo soal software bajakan terbanyak...
macam 3D kan da
>MAYA
>ligthwave
>soft image
>Blender
>dan banyak lagi yang ga bisa disebutin disini
hmm..buat refrensi coba aja liat karya2 lain di
www.deviatart.com
www.coroflot.com
selftrain3D- Capo mania
-
Jumlah posting : 80
Lokasi : NoMaDeN
Hobby : animation n hunting
Registration date : 25.04.07
Statistik
Point:
(50/100)
Warning:
(0/0)
Thank:
(20/1000)
Re: desain grafis...or multimedia
dunia profesi di bidang 3d
selama ini gw blajar dan terus belajar 3d (di rumah,kbanyakan otodidak) baik animasi maupun modelling (sudah menjadi hobi) dengan harapan bahwa dengan hasil belajar selama ini gw bs terjun dalam profesi yg berhub dgn 3d ini (spt TVC, adv, broadcatsing, prod. house,game devlp,dll.)
yang jd pertanyaan,
- apa di INDONESIA seorang 3d artist ini merupakan profesi yang menjanjikan? gw slama ini cm mendengar klo jago 3d tuh bisa 'nyetak' duit, tp gw blm jelas maksudnya nyetak duit yg gmn? apa gajinya gede, ato lapangan kerja masih luas? ato bgmn? n seberapa gede? (klo nyebutin duit gaji krg etis, yach... kisaran aja lah)
hal lain yang bikin gw ragu, yakni di negara 'tercinta' ini, masalah hak cipta sgt menyedihkan (spt hal pembajakan). itu khan ngaruh bgt sama pendapatan kita kelak (klo karya kita dibajak mulu). Klo ngebajak emang enak, tp pahitnya lbh kerasa klo karya qta yang dibajak (Btul?)
Ok itu aja topik yg pengen gw bahas. smoga pembaca (terutama yg sdh terjun di dunia profesi 3d) bisa menjawab pertanyaan komplex ini. THX!
Kita senasib
Wah kita senasib Bro, sama-sama masih nyari celah buat mbrojolin kreatifitas kita didunia per3dimensian. Cuman yang ngebedain situ ada di Jakarta, aku di Jogja. Di Jakarta kan banyak PH trus advertising gitu. Kalo U dah ngumpulin showreel, bisa tuh buat nglamar kerjaan animator/modeller tu yg notabene duitnya emang gedhe apalagi kalo buat TVC yg katanya duitnya bisa sampe ratusan jut gitu.
Ngomongin soal hak cipta Bro, asalkan kita pakenya s/w yg ori kita gak bakalan freaky deh sama yg namanya dhemit pembajak itu! Tapi kalo kita masih pake sopwer yg masih beli 20ribuan ya mending dipake buat belajar aja, jangan yg profil oriented, entar bisa gaswat Bozz!
selama ini gw blajar dan terus belajar 3d (di rumah,kbanyakan otodidak) baik animasi maupun modelling (sudah menjadi hobi) dengan harapan bahwa dengan hasil belajar selama ini gw bs terjun dalam profesi yg berhub dgn 3d ini (spt TVC, adv, broadcatsing, prod. house,game devlp,dll.)
yang jd pertanyaan,
- apa di INDONESIA seorang 3d artist ini merupakan profesi yang menjanjikan? gw slama ini cm mendengar klo jago 3d tuh bisa 'nyetak' duit, tp gw blm jelas maksudnya nyetak duit yg gmn? apa gajinya gede, ato lapangan kerja masih luas? ato bgmn? n seberapa gede? (klo nyebutin duit gaji krg etis, yach... kisaran aja lah)
hal lain yang bikin gw ragu, yakni di negara 'tercinta' ini, masalah hak cipta sgt menyedihkan (spt hal pembajakan). itu khan ngaruh bgt sama pendapatan kita kelak (klo karya kita dibajak mulu). Klo ngebajak emang enak, tp pahitnya lbh kerasa klo karya qta yang dibajak (Btul?)
Ok itu aja topik yg pengen gw bahas. smoga pembaca (terutama yg sdh terjun di dunia profesi 3d) bisa menjawab pertanyaan komplex ini. THX!
Kita senasib
Wah kita senasib Bro, sama-sama masih nyari celah buat mbrojolin kreatifitas kita didunia per3dimensian. Cuman yang ngebedain situ ada di Jakarta, aku di Jogja. Di Jakarta kan banyak PH trus advertising gitu. Kalo U dah ngumpulin showreel, bisa tuh buat nglamar kerjaan animator/modeller tu yg notabene duitnya emang gedhe apalagi kalo buat TVC yg katanya duitnya bisa sampe ratusan jut gitu.
Ngomongin soal hak cipta Bro, asalkan kita pakenya s/w yg ori kita gak bakalan freaky deh sama yg namanya dhemit pembajak itu! Tapi kalo kita masih pake sopwer yg masih beli 20ribuan ya mending dipake buat belajar aja, jangan yg profil oriented, entar bisa gaswat Bozz!
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
pengen blajar vector nech.... tapi kendala gue cuman ngga bisa ngasih komposisi n gradient warna pada wajah, sempet stress gue....
ada saran ngga?
ada saran ngga?
bang_betjak- Senior member
-
Jumlah posting : 311
Age : 39
Lokasi : suroboyo jee...
Status : buronan mertua........!!!!
Hobby : Photoshop Freakers
Registration date : 23.04.07
Statistik
Point:
(6/100)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
bang_betjak wrote:pengen blajar vector nech.... tapi kendala gue cuman ngga bisa ngasih komposisi n gradient warna pada wajah, sempet stress gue....
ada saran ngga?
ehhhhhhhhhh
sebelumnya makasih dah mau kesini
klu masalah vektor yahhhh
sebelumnya mau nanya emang belajar apa sehhh
photosop yahhhh
maksudnya untuk komposis wajah itu gimana?
bisa lebih diperjelas lagi
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
dunia profesi di bidang 3d
selama ini gw
blajar dan terus belajar 3d (di rumah,kbanyakan otodidak) baik animasi
maupun modelling (sudah menjadi hobi) dengan harapan bahwa dengan hasil
belajar selama ini gw bs terjun dalam profesi yg berhub dgn 3d ini (spt
TVC, adv, broadcatsing, prod. house,game devlp,dll.)
yang jd pertanyaan,
-
apa di INDONESIA seorang 3d artist ini merupakan profesi yang
menjanjikan? gw slama ini cm mendengar klo jago 3d tuh bisa 'nyetak'
duit, tp gw blm jelas maksudnya nyetak duit yg gmn? apa gajinya gede,
ato lapangan kerja masih luas? ato bgmn? n seberapa gede? (klo nyebutin
duit gaji krg etis, yach... kisaran aja lah)
selama ini gw
blajar dan terus belajar 3d (di rumah,kbanyakan otodidak) baik animasi
maupun modelling (sudah menjadi hobi) dengan harapan bahwa dengan hasil
belajar selama ini gw bs terjun dalam profesi yg berhub dgn 3d ini (spt
TVC, adv, broadcatsing, prod. house,game devlp,dll.)
yang jd pertanyaan,
-
apa di INDONESIA seorang 3d artist ini merupakan profesi yang
menjanjikan? gw slama ini cm mendengar klo jago 3d tuh bisa 'nyetak'
duit, tp gw blm jelas maksudnya nyetak duit yg gmn? apa gajinya gede,
ato lapangan kerja masih luas? ato bgmn? n seberapa gede? (klo nyebutin
duit gaji krg etis, yach... kisaran aja lah)
tuh udah q kasih artikelnya , liat aja di dilema.....
ralat buat refrensi desain alamatnya di
http://www.deviantart.com/
pengen blajar vector nech.... tapi kendala gue
cuman ngga bisa ngasih komposisi n gradient warna pada wajah, sempet
stress gue....
ada saran ngga?
hmm..sebenarnya ga jelas apa yg dimaksudkan,tapi mungkin setelah ambil ksimpulan
mungkin coba trik ini
-klo masalah vector mang susah,n mungkin harus bikin kesan detail.makanya sebelum bikin coba bikin coret2-an dlu.trs scan n olah di software graphic
ada beberapa tips macam corel,freehand, flash dll bisa di lihat di help-tutorial ato beli bukunya di toko2 hueheheheheh
(soalnya hrus praktek n no teori)
emang vektor lebih nyata dibandingkan dengan tampilan bitmap.tapi bukankah itu tugas para desainer untuk mmbuat suatu obyek
-jk gambar hasil export dr vector n akan di execute ke bitmap, berarti mo ga mo tentukan pixel yang akan di gunakan.karena pengaruh dengan hasil.
mungkin photo paint ato photoshop banyak dikenal ma orang lebih memudahkan untuk berkreasi.tapi yang pasti pixel di gambar bitmap
akan mempengaruhi suatu tampilan di bandingkan dengan gambar vektor
gituh aja
ralat buat refrensi desain alamatnya di
http://www.deviantart.com/
pengen blajar vector nech.... tapi kendala gue
cuman ngga bisa ngasih komposisi n gradient warna pada wajah, sempet
stress gue....
ada saran ngga?
hmm..sebenarnya ga jelas apa yg dimaksudkan,tapi mungkin setelah ambil ksimpulan
mungkin coba trik ini
-klo masalah vector mang susah,n mungkin harus bikin kesan detail.makanya sebelum bikin coba bikin coret2-an dlu.trs scan n olah di software graphic
ada beberapa tips macam corel,freehand, flash dll bisa di lihat di help-tutorial ato beli bukunya di toko2 hueheheheheh
(soalnya hrus praktek n no teori)
emang vektor lebih nyata dibandingkan dengan tampilan bitmap.tapi bukankah itu tugas para desainer untuk mmbuat suatu obyek
-jk gambar hasil export dr vector n akan di execute ke bitmap, berarti mo ga mo tentukan pixel yang akan di gunakan.karena pengaruh dengan hasil.
mungkin photo paint ato photoshop banyak dikenal ma orang lebih memudahkan untuk berkreasi.tapi yang pasti pixel di gambar bitmap
akan mempengaruhi suatu tampilan di bandingkan dengan gambar vektor
gituh aja
selftrain3D- Capo mania
-
Jumlah posting : 80
Lokasi : NoMaDeN
Hobby : animation n hunting
Registration date : 25.04.07
Statistik
Point:
(50/100)
Warning:
(0/0)
Thank:
(20/1000)
Re: desain grafis...or multimedia
teknik membuat model realistis
1. dengan menggunkan lighting yang pas. Pada max terdapat beberapa jenis lighting. bisa menggunakan standar lighting, tetapi anda harus bisa memperhitukan banyak jumlah lighting yang anda perlukan. bisa juga dengan area lightin, radiosity, dan plug in V-Ray.
2. modeling yang detail.
3. texuring yang detail, anda sebaiknya menggunakan gambar beresolusi tinggi. Perhatikan, bumping and saher pada terture
4. Manfaatkan baked material pada max.
kayaknya dah cukup dech
salah satu hal penting dalam material adalah texture , dalam kasus 3d anda dihadapkan untuk memilih dua type dasar , yaitu procedural dan pictures map .
Tergantung hasil yang mana yang akan dicapai , apabila anda menginginkan hasil yang realistis , lebih baik gunakan sources dari foto .
Akan tetapi tidak semua picture atau foto dapat begitu saja anda pakai sebagai maps , untuk penempatan yang akurat pada object , terutama untuk model yang complex , seperti kepala atau makeup wajah , diperlukan proses yang disebut UV Maps
Saran saya ( apabila realisme yang anda kejar ) , pelajari metoda tentang UV Maps pada software anda ( tiap software berbeda , tetapi basicnya sama).
Untuk Non photorealistic , procedural adalah pilihannya .
banyak film atau karya animasi yang menggunakan metode ini dan hasilnya tak kalah bagus dengan metode pictures`s map
Untuk Basic Lighting
Pelajari logika tentang bagaimana hasil sebuah gambar tertangkap dalam sebuah kamera , bukan mata . tanyakan pada diri anda , haruskah anda menempatkan light tambahan , untuk lebih membuat scene anda lebih menarik ? perlukah kuncup bunga ini diberi ambience light berwarna merah , atau kuning , biru dll...
Pelajari sifat light yang tersedia di software anda , dan apabila tersedia , coba bandingkan hasilnya dengan bantuan radiosity fx
Render Engine :
pemahaman tentang type - type render engine akan sangat membantu anda untuk mendapatkan hasil maksimum
1. dengan menggunkan lighting yang pas. Pada max terdapat beberapa jenis lighting. bisa menggunakan standar lighting, tetapi anda harus bisa memperhitukan banyak jumlah lighting yang anda perlukan. bisa juga dengan area lightin, radiosity, dan plug in V-Ray.
2. modeling yang detail.
3. texuring yang detail, anda sebaiknya menggunakan gambar beresolusi tinggi. Perhatikan, bumping and saher pada terture
4. Manfaatkan baked material pada max.
kayaknya dah cukup dech
salah satu hal penting dalam material adalah texture , dalam kasus 3d anda dihadapkan untuk memilih dua type dasar , yaitu procedural dan pictures map .
Tergantung hasil yang mana yang akan dicapai , apabila anda menginginkan hasil yang realistis , lebih baik gunakan sources dari foto .
Akan tetapi tidak semua picture atau foto dapat begitu saja anda pakai sebagai maps , untuk penempatan yang akurat pada object , terutama untuk model yang complex , seperti kepala atau makeup wajah , diperlukan proses yang disebut UV Maps
Saran saya ( apabila realisme yang anda kejar ) , pelajari metoda tentang UV Maps pada software anda ( tiap software berbeda , tetapi basicnya sama).
Untuk Non photorealistic , procedural adalah pilihannya .
banyak film atau karya animasi yang menggunakan metode ini dan hasilnya tak kalah bagus dengan metode pictures`s map
Untuk Basic Lighting
Pelajari logika tentang bagaimana hasil sebuah gambar tertangkap dalam sebuah kamera , bukan mata . tanyakan pada diri anda , haruskah anda menempatkan light tambahan , untuk lebih membuat scene anda lebih menarik ? perlukah kuncup bunga ini diberi ambience light berwarna merah , atau kuning , biru dll...
Pelajari sifat light yang tersedia di software anda , dan apabila tersedia , coba bandingkan hasilnya dengan bantuan radiosity fx
Render Engine :
pemahaman tentang type - type render engine akan sangat membantu anda untuk mendapatkan hasil maksimum
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
plug ins for 3d max?
Plug in apa aja sih yg penting buat 3d max, yang paling kepake dech. N apa install plug in banyak2 bisa bikin lemot? plz tell me ok + gunanya! Thx bgt!
banyak orang yang nginstall vray buat rendering GI yang bagus dan cepat (yah paling ga lbh cpt drpd bawaan max),trus mungkin shag hair kalo anda ingin serius di character modelling (buat bikin rambut),apalagi ya??? o iya, bodypaint 3d juga plugin bagus tuh buat bikin textures, jadi srasa pake maya paint deh...dah paling itu aja sih yang lumayan penting (at least buat saya)..gutlak deh..o iya, plugin ga bikin lemot kok kayaknya ;P
DAN
Vray, Final render, Brazil de el el, untuk render, masih banyak koq untuk yg lainnya, misalnya dreamscape dll, tp untuk render sich menurut,gw adalah vray(simple, and powerfull)
TRUS
kalo dibilang penting tergantung, spesialisasi 3d kamu apa, modelling : RPC, speedtree, head designer,dll, animating : CAT,clothes, fx/particle : lume, particle studio, phoenix, combusion,dll. bikin lemot sih gak terlalu, cuman pada saat loading awal aja yang sering lama.
Plug in apa aja sih yg penting buat 3d max, yang paling kepake dech. N apa install plug in banyak2 bisa bikin lemot? plz tell me ok + gunanya! Thx bgt!
banyak orang yang nginstall vray buat rendering GI yang bagus dan cepat (yah paling ga lbh cpt drpd bawaan max),trus mungkin shag hair kalo anda ingin serius di character modelling (buat bikin rambut),apalagi ya??? o iya, bodypaint 3d juga plugin bagus tuh buat bikin textures, jadi srasa pake maya paint deh...dah paling itu aja sih yang lumayan penting (at least buat saya)..gutlak deh..o iya, plugin ga bikin lemot kok kayaknya ;P
DAN
Vray, Final render, Brazil de el el, untuk render, masih banyak koq untuk yg lainnya, misalnya dreamscape dll, tp untuk render sich menurut,gw adalah vray(simple, and powerfull)
TRUS
kalo dibilang penting tergantung, spesialisasi 3d kamu apa, modelling : RPC, speedtree, head designer,dll, animating : CAT,clothes, fx/particle : lume, particle studio, phoenix, combusion,dll. bikin lemot sih gak terlalu, cuman pada saat loading awal aja yang sering lama.
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
Re: desain grafis...or multimedia
angan tinggalkan art... dan perdalam art!
WEITSSSSSSSSSS
terang aja saya udah bangga banget, anak bangsa sendiri udah dapat membuahkan karya animasi dan visual effect yang keren. Tapi anehnya kenapa sekeren-kerennya karya kita toh tetep gak dapat go internasional? pada hal software yg kita pake sama dng yang dipake timnya steven spearlberg?
...
menurut tafsiran saya...
masalah teknik, penguasaan software dan mutu hardware yg bikin karya kita menjadi terbatas...
(belum ada yang sedahsyat film The Day After Tommorow, abuts the mutan, nunoq the bad girla nd romi the herodll) maklumlah raja film hollywood udah pake hadware canggih dan serba gila, didukung sofware bikinan sendiri yg dapat mempersingkat waktu rendering (maya; rendering with GI/Metalray/dll... no problem...!)
Kalo kita mengejar ketinggalan tersebut dengan memperkaya penguasaan sofware dan hadware...
gak ada matinya, croot...!
malah kita sendiri yg smakin ketinggalan...
satu kuncinya...
ok lah, hardware dll... kita bisa dibilang ketinggalan jauh...
tapi! masalah IDE ; KREATIFITAS ; SENI (IDEALIS) kita gak ketinggalan...
bahkan kita berani bersaing dengan mereka...
Intinya...
walaupun kita membuat karya animasi dengan segala keterbatasan software/hardware,dll tapi animasi tsb kita buat dengan konsep yang ok, tata letak yg bagus, warna yang cocok, serta mempunyai nilai art yang tinggi, pasti hasilnya keren... bahkan lebih keren dari mereka (hollywood; red)
so, jangan kita ngandalin teknikal aja & art harus diperjuangkan penuh.
ini perjalanan hidup gw;
...senirupa--design grafis--animasi 3D--filmmaker...
...bikin film animasi sendiri dengan keterbatasan hardware (P4/vga128/ddr512)...
...animasi dng teknik biasa, cuman modal bakat/art yg gw punya & yakin...!
...atas dasar prinsip; "MENGHIDUPKAN SENI DIDALAM TEKNOLOGI"
go go 3 dimensi..................
WEITSSSSSSSSSS
terang aja saya udah bangga banget, anak bangsa sendiri udah dapat membuahkan karya animasi dan visual effect yang keren. Tapi anehnya kenapa sekeren-kerennya karya kita toh tetep gak dapat go internasional? pada hal software yg kita pake sama dng yang dipake timnya steven spearlberg?
...
menurut tafsiran saya...
masalah teknik, penguasaan software dan mutu hardware yg bikin karya kita menjadi terbatas...
(belum ada yang sedahsyat film The Day After Tommorow, abuts the mutan, nunoq the bad girla nd romi the herodll) maklumlah raja film hollywood udah pake hadware canggih dan serba gila, didukung sofware bikinan sendiri yg dapat mempersingkat waktu rendering (maya; rendering with GI/Metalray/dll... no problem...!)
Kalo kita mengejar ketinggalan tersebut dengan memperkaya penguasaan sofware dan hadware...
gak ada matinya, croot...!
malah kita sendiri yg smakin ketinggalan...
satu kuncinya...
ok lah, hardware dll... kita bisa dibilang ketinggalan jauh...
tapi! masalah IDE ; KREATIFITAS ; SENI (IDEALIS) kita gak ketinggalan...
bahkan kita berani bersaing dengan mereka...
Intinya...
walaupun kita membuat karya animasi dengan segala keterbatasan software/hardware,dll tapi animasi tsb kita buat dengan konsep yang ok, tata letak yg bagus, warna yang cocok, serta mempunyai nilai art yang tinggi, pasti hasilnya keren... bahkan lebih keren dari mereka (hollywood; red)
so, jangan kita ngandalin teknikal aja & art harus diperjuangkan penuh.
ini perjalanan hidup gw;
...senirupa--design grafis--animasi 3D--filmmaker...
...bikin film animasi sendiri dengan keterbatasan hardware (P4/vga128/ddr512)...
...animasi dng teknik biasa, cuman modal bakat/art yg gw punya & yakin...!
...atas dasar prinsip; "MENGHIDUPKAN SENI DIDALAM TEKNOLOGI"
go go 3 dimensi..................
croot_162- .
-
Jumlah posting : 231
Age : 40
Lokasi : chambers Management
Hobby : D3siGN GRafIS
Registration date : 04.05.07
Statistik
Point:
(0/0)
Warning:
(0/0)
Thank:
(0/0)
cafepojok :: Cafe Pojok Community :: Hobby :: Design
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik